Satuan Pengamanan, Pahlawan Masa Kini yang Menenteramkan

satpam

Kehadiran petugas satuan pengamanan/satpam sangat membantu ketertiban berlalu-lintas, terutama saat siswa sekolah hendak menyeberang jalan (Sumber Ilustrasi 1)

            Jika Anda baru pertama kali datang ke suatu kantor atau gedung dan merasa bingung, apa yang akan Anda lakukan? Pastinya Anda akan bertanya.  Lalu, kepada siapakah Anda akan bertanya? Mayoritas orang akan menjawab, termasuk saya, petugas satuan pengamanan (satpam) adalah pihak pertama yang didatangi untuk memperoleh informasi terpercaya.  Pak satpam – begitu biasa mereka dipanggil – sering juga disebut sebagai security officer.  Seragamnya khas berwarna biru tua atau atasan putih dan celana hitam.  Setiap petugas satpam pasti memiliki tanda pengenal berupa nama mereka yang terjahit di baju seragam.  Ciri khas lainnya yaitu mereka juga membawa alat komunikasi berupa handy talkie yang selalu stand by selama mereka berjaga.

IMG_7997b

Saat bingung di gedung atau tempat baru, bertanya kepada satpam adalah solusi nomor satu yang terjitu (Sumber Ilustrasi 2)

            Sosok satpam menjadi lebih terasa perannya dalam hidup saya setelah saya menekuni dunia blogging sejak April 2014.  Ini karena dalam setiap minggu minimal saya mendatangi satu lokasi baru untuk acara kopi darat (offline event) blogging.  Petunjuk arah dari Google Maps memang cukup membantu.  Namun, seringnya, bantuan petunjuk arah dari pak satpamlah yang akhirnya mengantarkan saya ke tempat yang saya tuju.  Maklumlah, para pak satpam tersebut sudah hafal dan paham benar lokasi di sekitar mereka bertugas.

Bantuan pak satpam semakin terasa saat saya mendatangi suatu daerah yang tidak dilewati kendaraan umum, misalnya bis.  Jadi daerah tersebut hanya dilewati mobil pribadi atau kendaraan umum yang disewa seperti taksi dan ojek. Contohnya lokasi beberapa jalan di Blok M Jakarta Selatan dan sekitarnya yang banyak dipenuhi dengan gedung perkantoran berkonsep informal, kafe, restoran, serta tempat untuk hangout (nongkrong) lainnya.  Saat pak supir taksi atau ojek bingung mencari tempat yang dituju, bertanya kepada pak satpam menjadi solusi yang selalu jitu.

Icha dan Satpam 2

Para blogger ketika mengikuti kegiatan kopi darat/offline event pasti akan sering berinteraksi dengan satpam untuk bertanya tentang lokasi acara yang dituju (Sumber Ilustrasi 3)

            Kehadiran pak satpam di dalam gedung perkantoran maupun pusat perbelanjaan (mall) tentunya jelas sangat diperlukan.  Apalagi ketika gedung kantor yang dimasuki seseorang memiliki sistem pengamanan berlapis.  Jika belum pernah datang ke gedung tersebut, dijamin pasti akan lumayan pusing.  Hal itu pernah saya alami langsung ketika satu waktu datang ke suatu acara pelatihan keuangan di salah satu bank milik pemerintah.  Perjalanan dari lantai dasar menuju lantai 19 ternyata cukup panjang dan melewati banyak pintu yang hanya bisa terbuka dengan kartu pengenal yang diberikan satpam di gerbang masuk kepada para pengunjung bank.

Syukur Alhamdulillah, salah seorang bapak satpam senior di sana dengan sabar dan baik hatinya menunjukkan saya jalan berliku tersebut dengan menunggu sampai saya bisa masuk melewati pintu pertama.  Beliau bahkan sampai berpesan, “Kalau masih bingung, Mbak silakan langsung bertanya ke satpam terdekat di pintu sebelah sana ya.”

di-depan-pintu-mall-puisi-norman-adi-satria

Peran satpam di pusat perbelanjaan/mall yang luar biasa luas dan besar jelas sangat membantu para pengunjung yang perlu petunjuk arah ke lokasi tertentu di mall (Sumber Ilustrasi 4)

            Di lain waktu, saya mengunjungi suatu mall di Jakarta pada sore hari.  Saat tiba di sana, saya belum menunaikan sholat Ashar padahal jam sudah menunjukkan pukul 17.20 WIB.  Jadilah saya tergesa-gesa mencari lokasi musholla di mall.  Berhubung saya baru pertama kali menunaikan sholat di mall itu, maka saya belum tahu letak mushollanya.  Awalnya saya bertanya ke seorang SPG di salah satu fashion counter.  Tapi, bukannya paham arah menuju musholla mall, saya malah kesasar, hadeuh! Untunglah seorang mas satpam langsung tanggap saat melihat saya tampak kebingungan.  Dengan bantuan petunjuknya, sampai juga saya di musholla mall.  Leganya!

sample

Para pengunjung pusat perbelanjaan selengkap dan sebesar Supermal Karawaci bisa tenang berbelanja hingga hari gelap dengan kehadiran satpam yang selalu siaga membantu setiap anggota masyarakat (Sumber Ilustrasi 5)

            Maka itulah, bagi saya satpam adalah (salah seorang) sosok “Pahlawan Masa Kini”.  Keberadaan satpam di Indonesia terbukti telah berperan penting dalam mengamankan lingkungan sekaligus menenteramkan masyarakat.  Contoh nyatanya adalah penghargaan dari Kapolsek Kelapa Dua Tangerang Banten untuk tiga orang satpam di Supermal Karawaci yang telah banyak membantu polisi di dalam mengungkapkan kasus pencurian dengan pemberatan di wilayah supermal dan sekitarnya.  Pastinya masyarakat menjadi tenang dan senang saat berbelanja di Supermal Karawaci, bahkan hingga malam sekalipun, dengan kehadiran satpam mall yang proaktif dan siap sedia membantu masyarakat umum yang berada di ruang publik, terutama melindungi para wanita dan anak.

ec84bb87ec607e8c1e77d35f1d2d4334_L

Atas kerja keras dan dedikasi tinggi tiga orang satpam Supermal Karawaci selama membantu polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban, ketiganya mendapatkan penghargaan dari Kapolsek Kelapa Dua Tangerang – Banten. Prestasi yang sangat layak diapresiasi serta dipublikasi, sepakat? (Sumber Ilustrasi 6)

Harapan saya, ke depannya profesi satpam akan lebih diapresiasi lagi oleh pihak pemerintah dan perusahaan tempat mereka bekerja dengan gaji dan tunjangan kesejahteraan yang dapat menghidupi keluarga mereka dengan layak sehingga mereka semakin termotivasi saat bekerja.  Terima kasih pak satpam.  Salam keamanan dan ketertiban lingkungan yang menenteramkan hati segenap masyarakat di manapun dan kapanpun seorang satpam bertugas.

satpam1.png

Bagi wanita dan anak-anak, bantuan satpam di ruang publik, terutama stasiun kereta benar-benar menenteramkan dan menenangkan hati (Sumber Ilustrasi 7)

This entry was published on August 31, 2016 at 1:23 pm. It’s filed under Blog Competition, Gaya Hidup, Humaniora, Life Style, Perlindungan Konsumen, Street Smart and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

