Siomay Instant, Hidangan Sepinggan yang Mengenyangkan dan Menyehatkan

siomay

Siomay instant busa dimakan saat sarapan agar fit seharian (Sumber Ilustrasi 1)

            Waktu sarapan memang harus diperhatikan.  Sayangnya waktunya memang terbatas karena harus segera keluar rumah.  Tapi kalau tidak sarapan, perut pasti keroncongan seharian.  Mood pun jadi berantakan, fiuhh!

Selama ini, saya menyiasati sarapan dengan membeli makanan di sore atau malam hari.  Lalu simpan di kulkas untuk dihangatkan esok paginya.  Kalau ada waktu agak luang, jadilah saya memasak omelet atau martabak mie.  Cara buatnya silakan dibaca sendiri di sini ya.  Hasilnya? Lumayan maknyuus lhoo hehehehe… #PromosiDiri

images1

Selain siomay instant, ada juga sambal kacang instan lho, yummy! (Sumber Ilustrasi 2)

            Dua minggu lalu, saya menginap di rumah teman.  Nah, saat sarapan, ibu dosen Ilkom FMIPA IPB itu memberi tahu, “Pagi ini kita sarapan siomay ya.”  Wah, asyik juga nih, pikir saya.  Semua bahannya ternyata sudah ada dan tinggal dimasak.  Saat itulah, saya (baru) tahu ada siomay instant merek Fiesta – bukan iklan – dalam kemasan.  Maklum, saya masih pemula soal masak-memasak, bangeddh! 😉

Lebih serunya lagi, memasak siomay instant itu ternyata sangat praktis.  Selain siomay, kami mengupas kentang juga.  Ada pula pare atau sayur paria yang isinya dibuang terlebih dahulu sebelum dikukus.  Lalu, siomay instant rasa ayam, kentang yang sudah dikupas, lembaran daun kol atau kubis, dan tahu putih serta pare yang tengahnya sudah bersih dikukus bersama sekitar 10 – 20 menit.  Eit! Tunggu dulu, bagaimana bumbu siomaynya?

images

Siomay termasuk ‘hidangan sepinggan’ alias sajian yang komplit komposisi gizinya dalam satu jenis makanan (Sumber Ilustrasi 3)

            Kalau bumbu kacang instant dalam kemasan, saya sudah lama tahu.  Ibu sering membelinya di pasar saat memasak gado-gado atau pecel.  Bumbu kacang instant itu juga beraroma jeruk purut sehingga segar saat dicairkan dengan air mendidih.  Ohya, supaya bumbu kacang tidak menempel di panci atau wajan saat mengencerkannya, baiknya taruh saja bumbu itu di mangkok lalu diratakan dengan sendok sambil menunggu air mendidih.  Saat air sudah matang, barulah tuang air perlahan-lahan ke dalam mangkok berisi bumbu kacang tadi.  Berasa sedang memandu acara masak-memasak nih hahahaha….

Ketika panci kukusan dibuka, wow! Siomay instant tadi sudah mengembang, mantap! Bahan lainnya juga sudah matang dan siap disajikan bersama siomay dan bumbu kacang.  Jadilah dari mulai menyiapkan, mengukus, menghidangkan hingga menyantap siomay instant itu memakan waktu sekitar 30 menit.  Cukup singkat, bukan?  Bisa lebih pendek lagi jika kentang malam sebelumnya sudah dikupas lalu direndam dalam air – agar tetap segar setelah dikupas – dan ditaruh dalam kulkas sehingga paginya tinggal dikukus.

bumifood-brosur

Selain siomay instan dalam kemasan, ada pula jenis makanan instan yang dibekukan lainnya seperti lumpia, bakso, samosa, dan sebagainya (Sumber Ilustrasi 4)

            Bahan tambahan jelas bisa sesuai selera.  Kalau ingin menambah protein hewani selain siomay, telur rebus oke juga dimasukkan.  Jenis tahu sebagai protein nabati dapat pula berupa tahu cokelat atau varian tahu lainnya.  Untuk sayur, wortel kukus juga enak ditambahkan.

Sebagai tambahan info, menu sejenis siomay, gado-gado, pecel, karedok, mie bakso, dan sejenisnya itu disebut sebagai “hidangan sepinggan” alias menu hidangan yang dalam satu piring penyajiannya sudah lengkap dengan gabungan karbohidrat, protein, lemak, dan serat.  Bagi yang sedang diet, hidangan sepinggan – termasuk siomay plus sayur dan bumbu kacang – itu sangat direkomendasikan. Tambah sehat lagi setelah memakan hidangan sepinggan, minumnya jus buah tanpa gula.  Or kalau mau manis,pakai madu saja, sedap! Bagaimana? Tergoda kan? Langsung dicoba ya (^_^)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s