Di Shopback, Belanjanya Banyak, Saldo Tabungan pun Memuncak

052554200_1473393154-shop

Indra Yonathan, Country Manager dan co-founder Shopback (Ilustrasi 1)

Hemat pangkal kaya.  Begitu pepatah lama yang biasa kita dengar dari orang tua.  Ada yang pernah punya tabungan dari tanah liat? Itu lho, yang berbentuk ayam, kucing, atau hewan (imut) lainnya tapi minus binatang buas.  Biasanya tabungan alias celengan itu berwarna cerah ceria menyala.  Supaya keliatan dari jauh mungkin ya?  Jadi waktu punya uang lebih, langsung deh uang kertas dilipet-lipet agar bisa masuk ke tuh lubang celengan yang memang (sengaja) dibuat sempit.

Selain celengan tanah liat, ada juga celengan dari plastik yang asli, ringan bangeddh! Jadi, nanti yang buat celengan itu berat ya isinya atau kumpulan uang koin.  Eh, ada yang pernah perhatiin enggak kalau celengan tanah liat itu – yang jelas sudah berat tanpa diisi sekalipun – seringnya diisi dengan uang kertas? Nah, untuk uang recehan, baru deh ditabung di celengan plastik.  Biar ketauan gitu, kalau semakin berat, berarti tabungannya semakin buanyaak! Tambah bangga kalau bisa paling berat di antara saudara-saudara lainnya.  Kan nanti yang tabungannya terbanyak, bisa beli barang semakin banyak.

Acara paling seru dari (rajin) menabung di celengan itu apalagi kalau bukan waktu isinya boleh diambil, akhirnya, hore! Metodenya ada dua sesuai jenis tabungannya.  Celengan tanah liat – berapa kali punya yang bentuk ayam – dibuka dengan cara dibanting atau diketok palu supaya pecah.  Well, lebih efektif dibanting sih karena pasti langsung hancur berantakan.  Giliran celengan plastik tuh disilet atau digunting dari bagian lubang tempat masukkin uang. Pengalaman pribadi jadi tahu persis deh hahaha…

2014091809001826185.jpg
Celengan ayam ini bisa dibeli di situs Elevenia, salah satu situs mitra Shopback (Ilustrasi 2)

Sekarang, setelah dewasa dan bekerja, urusan tabung-menabung jelas bukan lagi di celengan ayam dan plastik.  Yup! Rekening bank adalah tempat teraman sekaligus ternyaman untuk menyimpan (dan membelanjakan) uang yang datang.  Gajian setiap bulannya dari tempat kerja mayoritas pasti ditransfer ke rekening bank.  Kebayang gaji 199 juta –ngarepnya sih – yang dibayar tunai? Serasa mahar nikah hahaha..

Saya selalu inget sampai kapan pun wejangan Bapak dan Ibu tercinta waktu pertama kali diterima kerja.  “Segera buat tabungan otomatis lho ya.  Supaya gajinya langsung ketabung,” pesan Bapak.  Saran Ibu,”Perempuan tuh suka gatel belanja kalau punya uang. Kalau enggak kepepet, jangan sampai berhutang karena pengen punya barang.  Mendingan uangnya ditabung di bank.” #belanjahematcermat

Era belanja online belum menjamur seperti sekarang, saya lumayan mampu menahan diri untuk tidak lapar mata waktu belanja.  Caranya? Bawa cash money secukupnya (seirit-iritnya sih lebih tepatnya) dan simpan semua kartu yang bisa digesek di rumah tiap kali pergi ke tempat belanja.  Aman deh!

011 smaller.jpg
Mau belanja banyak sekaligus dapat promo, diskon, dan cashback? Yuk kita #ShopBackinAja 😀 (Ilustrasi 3: Dokpri)

Nah, di saat dunia kini ada dalam genggaman dengan smartphone, termasuk urusan belanja, strategi jitu itu kurang relevan lagi, duh.  Tinggal klik ini dan itu via gadget, barang belanjaan bisa dipesan kapan dan di mana saja.  Kalau enggak kuat menahan nafsu online shopping, bisa minus gajian, pusing!

Berhubung saya pecinta diskon dan promo tiap kali belanja, jadilah belanja online itu seringnya dengan memanfaatkan (baca: menghabiskan) poin dari penyedia jasa layanan telekomunikasi (provider) nomor HP saya selama ini.  Lumayan lho, saya bisa mendapatkan diskon sampai Rp. 50.000 dengan memakai poin pemakaian tagihan HP saya setiap bulannya.  Senang pastinya tiap kali belanja dengan poin diskon.

Tapi, ya gitu deh.  Tetap aja kan jumlah uang di bank berkurang sekalipun sudah memakai diskon dari poin pemakaian HP.  Bisa enggak sih, tetap bisa (sering-sering) belanja, tapi tabungan di bank malah terus berkembang? Poin diskon dari penggunaan HP itu juga hanya bisa dicairkan sebulan sekali.  So harus sabar menunggu bulan depan tiap kali ingin punya barang idaman.  Beginilah balada pemburu diskon hiks!

2Naufal-22Nggak-Bakalan-Dapet-3Juta-Kalau-Nggak-Ada-ShopBack222.jpg
Naufal, kisah Shopbacker aktif yang kini telah mengantongi cashback dari Shopback sebesar 3 juta rupiah dan masih bisa bertambah, wow! (Ilustrasi 4)

Jadi, ketika saya (akhirnya) mengetahui tentang Shopback, pas betul itu takdirnya alias “pucuk dicinta, ulam tiba”.  Belanja tetap lancar jaya, tabungan pun berlipat ganda dari cashback yang diterima! Wah, kok bisa? Ternyata begini lho mekanisme cara kerjanya yang simpel #ShopBackinAja

Pertama, kita buat akun dulu di Shopback ya.  Jadi, nanti setiap kali akan belanja di situs toko favorit kita, masuknya via akun Shopback dulu.  Informasi promo dan diskon di Shopback update terus lho!

Kedua, belanja deh seperti biasa di situs toko tersebut.  Nah, dalam waktu 2 hari (48 jam), cashback akan masuk ke akun Shopback kita dengan status ‘Tertunda’.  Status ‘tertunda’ cashback kita berubah menjadi ‘Bisa Diklaim’ jika selama 1-2 bulan (30-60 hari) tidak terjadi pembatalan atau pengembalian pembelian.  So, pilihlah seller yang terpercaya dengan kualitas produk yang ok punya.

Ketiga, dan ini bagian yang paling ter-ketje-lah pokoknya dari Shopback: Cashback dapat ditransfer ke rekening bank kita setelah mencapai jumlah minimum Rp. 50.000. Coba misalnya dikalikan deh, lima puluh ribu dalam setahun, udah bisa dapat Rp.600.000, syukurlah!  Lumayan banget kan ituuuh untuk nambahin tabungan? Layanan Shopback pun telah diliput oleh beberapa situs media dan berita terkemuka sekaligus terpercaya di Indonesia yaitu antara lain Kompas.com, Detik.com, Tempo.com., Liputan6.com, Dailysocial.id, dan MetroTVnews.com.

013 smaller.jpg
Mulai gajian di awal April ini, belanja keperluan rumah tangga bisa via Shopback saja: praktis, ekonomis, dan berbuah cashback yang membuat hati bahagia hehehe…. (Ilustrasi 5: Dokpri)

Masih belum percaya juga nih ceritanya? Takut kena hoax? Yuk mari, baca dan tonton langsung pengalaman nyata Naufal, Shopbacker aktif yang sekarang telah berhasil mengumpulkan cashback hingga tiga juta rupiah dan masih bisa bertambah terus tuh saldonya #ShopBackBlog

Ohya, sementara ini Shopback telah bekerja sama dengan lima bank papan atas di Indonesia yaitu BCA, BNI, BRI, CIMB Niaga, dan Mandiri.  Okelah kalau begitu, fix ini mulai gajian bulan sekarang, belanja grosir keperluan dapur via Shopback aja.  Ada Promo Hari Ini selama April 2017 ini lho! #ThankYouShopBack

Di Singapura, tempat asalnya Shopback bermula sejak 2014 lalu, masyarakat di sana sudah terbiasa membeli sayuran dan keperluan rumah tangga via online shopping.  Jelas lebih praktis memang.  Saya pernah repot membawa beras berkilo-kilo waktu belanja offline.  Belum lagi harus meluangkan waktu khusus untuk belanja ke pasar maupun pusat perbelanjaan lainnya, fiuuh! Setiap ada waktu luang, pinginnya bisa rebahan santai di sofa sambil baca buku, atau nonton film, or traveling.

017 smaller.png
Cashback dari Shopback manfaatnya berlipat ganda lho ternyata: Disimpan, dibelanjakan, dan juga disedekahkan.  Mantap kan? (Ilustrasi 6: Akun Instagram @shopbackid)

Via Shopback juga, saya sudah menyusun 4 daftar barang yang menjadi impian agar segera menjadi kenyatan jika Yang Maha Kuasa mengabulkan.  Inilah keempat barang idaman saya tersebut yang tersedia di Lazada.

  1. Kamera Saku Digital Supaya Ngeblogging Semakin Optimal (Rp. 997.072)

Sebagai blogger, ilustrasi audio dan visual itu jelas nyawanya artikel blog.  Konten blog luar biasa tapi ilustrasinya tiada, mirip masakan kurang garam, hambar! Ya sih, fungsi memotret foto dan merekam video bisa terwakili smartphone.  Tapi…setelah 3 tahun aktif sebagai blogger – tepat di April 2017 ini – saya mulai mendapati: “Kamera digital memang saatnya udah punya sendiri nih!”

fujifilm-finepix-z30-purple-camera-bag-3920-7261152-77898ac6301f93b509023134b67bbde8-catalog_233.jpg
Kamera saku digital dari Fujifilm di Lazada ini membuat ngeblog pastinya tambah optimal (Ilustrasi 7)

Selama ini, saya memang masih amat sangat mengandalkan smartphone untuk urusan foto dan video.  Kalau memang perlu sekali kamera digital untuk liputan blog, terutama ketika keluar kota atau daerah, biasanya ya ujung-ujungnya, cari pinjaman (yang memaksa) ke saudara atau kolega hehehe…*bukan untuk ditiru*

Maka, memiliki kamera saku digital termasuk salah satu resolusi saya di tahun 2017 ini.  Setelah browsing di Google dan Lazada tentang harga kamera yang sesuai budget dan diklopkan dengan kegiatan, jadilah kamera saku digital yaitu Fujifilm Finepix Z30 Purple + Camera Bag yang akhirnya terpilih.  Asli, ini kamera blogger-friendly sekali dengan fitur easy-to-use Blog mode jadi bisa memotret dan merekam secara bersamaan dalam satu waktu, mantap!  Belanja itu idealnya memang sesuai keperluan, bukan cuma keinginan. Baca juga ya, tips dan trick dari Shopback tentang strategi jitu mendapatkan toko online murah terpercaya plus promo serta diskonnya yang tersedia #ThankYouShopBack

  1. TV Baru, Kado untuk Bapak dan Ibu (Rp.799.000)

Semenjak keempat anaknya sudah bekerja, pastilah Bapak dan Ibu saya lebih sering berduaan di rumah sepanjang harinya.  Apalagi, keduanya sama-sama sudah pensiun.  Saya perhatikan, mereka keluar rumah sebatas untuk menghadiri kegiatan olahraga, pengajian, dan undangan pernikahan #seniorcitizen

Jadilah ketika di rumah, mereka berdua menghabiskan waktunya dengan mengobrol atau menonton TV.  Keduanya memiliki hobi yang sama yaitu menonton acara TV yang bertemakan alam atau flora dan fauna.  Ibu saya sampai hafal lho, jadwal tayangan TV yang menayangkan acara dokumenter.

polysonic-led-tv-17-1777-hitam-9196-26692641-0c18d727a909e6a41981e49e85b21ae5-catalog_233.jpg
TV LED Polysonic dari Lazada ini rencananya sebagai kado pernikahan ke-30 pada April 2017 ini untuk Ayah dan Bunda tercinta ;D (Ilustrasi 8)

Agar Bapak dan Ibu semakin menikmati tayangan TV favoritnya, maka TV layar lebar yang kaya warna dan tajam yaitu TV Polysonic LED TV 17 Inch 1777- Hitam menjadi pilihan tepat.  Masih dari Lazada, TV LED ini juga sekaligus sebagai kado pernikahan untuk keduanya yang tepat di bulan April 2017 ini, telah 30 tahun berumahtangga.  Mereka adalah contoh indah menua bersama, so sweet! Hehehe….

  1. Harddisk Eksternal untuk Transfer File yang Maksimal (Rp.743.000)

            Sebelumnya saya sudah puas dengan flash disk yang cukuplah buat transfer file dokumen.  Untuk transfer file foto dan video, saya jarang mentransfernya via flash disk karena lebih sering langsung dari smartphone. Namun, di awal tahun 2017 ini, saya tersadar, external harddisk is a must item to have!

Itu karena laptop saya sempat rusak dan harus ‘diopname’ selama tiga minggu di pusat servis komputer.  Sekalipun diinstal ulang, data yang telah tersimpan syukur Alhamdulillah, masih bisa terselamatkan.  Meskipun begitu, selama 21 hari itu, saya otomatis ‘cuti’ ngeblog karena tidak bisa mengetik di PC ataupun laptop lainnya.  Kan semua data ada di laptop yang sedang diservis, hadeuh!

seagate-expansion-new-2-5-inch-usb-3-0-1tb-hitam-gratis-go-green-bag-pouch-pen-8329-3388136-185927fb168ed2e1646c54196fcaad91-catalog_233.jpg
Seagate external harddisk yang ada di Lazada ini semakin ketjeh dengan triple bonusnya, setuju? Hehehe…. (Ilustrasi 9)

Sejak itulah, saya memantapkan diri untuk harus punya harddisk eksternal.  Setelah bertanya di dunia maya (ke Mbah Gugel) maupun nyata (Mas-mas petugas servis komputer), maka Seagate Expansion New 2.5 Inch USB 3.0 1TB – Hitam + Gratis Go Green Bag + Pouch + Pen dari Lazada menjadi pilihan utama saya.  Ada garansi 3 tahun dari distributor resminya lho, keren!

  1. Hobi Traveling? Tas Tahan Banting Jelas Penting (Rp.650.000)

Bulan baru, tujuan baru.  Begitulah motto hidup para traveler. Tanggal merah dan cuti bersama yang ada di kalender langsung dilingkari.  April 2017 ini ada dua akhir pekan (panjang) yang bisa dimanfaatkan. Pertama, Jum’at 14 April 2017 (wafatnya Isa Almasih) dan kedua, Senin 24 April 2017 (Isra’ Mi’raj Rasulullah saw).  Shopbacker sudah berencana ke mana?

Nah, urusan traveling itu (sebenarnya) tidak terlalu membuat pusing.  Selama ada waktu luang dan uang, traveler tinggal pergi terbang.  Penyebab ribetnya traveling itu ya waktu packing sebelum berangkat, setuju? Kaum Adam bisa lebih simpel karena bawa satu baju dan celana pun tak mengapa.  Buat kaum Hawa? Tambah lebih ekstra perlengkapan travelingnya pas ‘datang bulan’ karena perlu banyak underwear dan bawahan yang bersih.  Been there & done that hihihi…

travelers-choice-rio-koper-set-soft-case-oranye-4609-0574294-a5b34bfaa9c7e4f2605be0ae56fd2689-catalog_233
Traveling jadi semakin aman dan menyenangkan dengan traveling bags yang ergonomis dan warnanya manis ini (Ilustrasi 10)

Tapi, saya juga ogah kalau bawa barang yang harus masuk bagasi saat traveling.  Lebih praktis dan ergonomis dengan punya traveler’s bag yang bisa muat ke kabin pesawat dan ditenteng tangan di kanan-kiri.  Maka Traveler’s Choice Rio Koper Set Soft Case – Oranye (1 Set : 2 Pcs = 1 koper & 1 tas jinjing) pun adalah pilihan aman dan melegakan saat bepergian.  Warna oranyenya yang terang-benderang itu juga akan memudahkan saya dalam mengenali serta menemukan kembali koper dan tas saat melewati petugas pemeriksaan di bandar udara #thepowerofbrightcolor

LP.jpg
Ikuti saja keenam langkah mudah di atas ya saat berbelanja (banyak) di Shopback untuk terus mendapatkan cashback (Ilustrasi 11)

Pasti akan sangat berkesan jika dari keempat barang impian saya tersebut salah satunya bisa didapatkan dari Shopback secara cuma-cuma. Tentunya, mulai sekarang juga saya akan menabung agar ketiga barang idaman lainnya itu juga lekas menjadi nyata.  Alternatif caranya yaitu rutin berbelanja online via Shopback di Lazada (situs toko online favorit saya yang juga termasuk dari 152 situs mitra Shopback) agar jumlah cashback saya di rekening bank terus meningkat saldonya.  Yuk belanja via Shopback, pasti dapat cashback, tabungan pun beranak-pinak alias berkembang-biak! #ShopBackinAja

014 smaller.png
Sharing is caring, termasuk berbagi info tentang Shopback ke teman, rekan, dan hadai-taulan dengan ‘Program Ajak Teman’ (Ilustrasi 12)

Facebook : Khairunisa Maslichul

Twitter: Nisa Khairunisa @genogramklinis

Instagram: @nisamaslichul

LINE ID: nisasan12

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s