Jadikan Internet Marketing Sekutu Agar Bisnis Semakin Maju

Internet-Marketing-Your-business-Depends-on-it

Masa depan dan keberhasilan suatu bisnis kini semakin tergantung pada internet marketing
(Ilustrasi 1)

Marketing dalam bisnis ibarat darah dalam tubuh.  Tanpa adanya marketing, maka bisnis akan pontang-panting.  Bagaimana sebuah produk atau jasa akan diketahui oleh masyarakat luas jika tidak ada proses marketing?  Sedangkan keuntungan bisnis diperoleh dari adanya pembelian dari konsumen.  Terlebih di era internet booming, marketing tak lagi (terlalu) membuat pening.

Sampai sekitar lima tahun lalu, kita masih sering mendapati marketing berupa penyebaran leaflet, brosur, atau katalog di tempat umum.  Mulai dari produk diet hingga jasa kesehatan seperti pijat refleksi ditawarkan melalui selebaran tersebut.  Belakangan ini, sudah sangat jarang kita menemui promosi seperti itu lagi kecuali di lokasi pameran atau bazaar tertentu.

Pengalaman dan pengamatan saya langsung, mayoritas orang hanya sekilas membaca beragam selebaran tersebut.  Ada yang lalu memasukkannya ke tas, ada juga yang meletakkannya di sembarang tempat.  Bahkan tak sedikit yang membuangnya setelah dibaca.

Padahal, biaya pencetakan ratusan – banyak pula yang hingga ribuan lembar – selebaran tersebut pasti mahal.  Belum lagi insentif bagi para staf atau karyawan yang telah menyebarkannya di tempat umum.  Namun, hal itu tak menjamin bertambahnya laba usaha.

Traditional-vs-Internet-marketing
Peningkatan pesat pengguna internet dan smartphone otomotis membuat peran internet marketing bertambah penting (Ilustrasi 2)

Tak heran, promosi bisnis via internet (internet marketing) menjadi solusi jitu bagi para pebisnis yang ingin memasarkan produk maupun jasanya dalam skala nasional sekaligus global tanpa modal mahal.  Minimal pebisnis memiliki sambungan internet dan laptop/PC, maka promosi produk dan jasanya sudah bisa dilakukan di manapun dan kapanpun.

Akan tetapi, apakah cukup hanya dengan koneksi internet dan komputer, maka internet marketing otomatis membuat bisnis laris manis? Eit, tunggu dulu! Kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan via internet marketing juga memiliki tips dan triknya agar dapat memberikan manfaat yang optimal bagi produsen maupun konsumen.  Sebutlah ini sebagai win-win solution.

internet-marketing1
Laba bisnis akan luar biasa peningkatannya sepanjang masa dengan optimalisasi internet marketing
(Ilustrasi 3)

Pastinya, yang pertama dan terutama, para pebisnis yang ingin mengoptimalkan bisnisnya melalui internet marketing harus memiliki mindset (pola pikir) yang tepat dan cermat.  Internet marketing bukanlah ilmu sulap apalagi ilmu dewa.  Siapapun bisa memahami dan menguasai studi jualan online, secara otodidak (learning by doing trial & error) maupun dengan mengikuti kursus internet marketing yang dikelola oleh lembaga profesional terpercaya dan terkemuka.

marketing-in-internet.gif
Internet marketing memiliki bagian-bagian yang dapat dioptimalkan untuk kemajuan bisnis (Ilustrasi 4)

Tentu alangkah baiknya saat seorang pebisnis mantap memutuskan untuk menggunakan internet marketing sebagai tulang punggung promosinya, dia telah memiliki terlebih dahulu pengetahuan dasar tentang studi internet dan digital marketing.  Tujuannya agar bisnisnya semakin maju dari waktu ke waktu.  Saat menemui kesulitan teknis, pebisnis yang telah mengetahui prinsip-prinsip dasar internet marketing jelas akan jauh lebih memudahkan konsultannya daripada pebisnis yang sama sekali masih awam mengenai promosi via dunia maya.

Maka, berikut inilah 5 tips agar bisnis semakin booming dengan internet marketing.  Selain lebih hemat biaya, waktu, dan tenaga, internet marketing juga efektif mengurangi penggunaan kertas (paperless) sehingga ramah lingkungan (go green).  Silakan mencermatinya satu per satu.

  1. Website yang Up to date

Website mirip ‘kantor’ fisik yang ada di dunia nyata.  Bedanya, website berada di dunia maya dan tak mengenal batas waktu bagi para pengunjungnya.  Selama tak ada kendala internet, website dapat diakses kapan saja dan di mana saja oleh konsumen di seluruh dunia.

Patut diingat, sama halnya dengan kantor fisik, tampilan awal dan muka suatu website juga sangat mempengaruhi persepsi (calon) konsumen dalam mempercayai produsen.  Tampilan website yang bersih, simpel, dan mudah dinavigasi serta selalu diperbarui membuat kredibilitas dan reputasi suatu bisnis akan lebih terjamin.  Tambahkan pula alamat jelas – termasuk email dan no telepon aktif – yang dapat dihubungi oleh konsumen selama bertransaksi.

SocialMediaMarketing
Promosi dan info bisnis terbaru dari website serta blog  – termasuk kuis berhadiah – sangat efektif dan efisien ketika dikomunikasikan via media sosial
(Ilustrasi 5)
  1. Blog/Vlog yang Informatif

Saat mengunjungi website, orang mungkin akan lebih fokus terhadap jenis produk maupun jasa yang sedang dibutuhkan serta cara mendapatkannya.  Akan tetapi, setelah urusan di website selesai, banyak pula konsumen yang sangat menyukai adanya informasi tambahan dari blog/vlog.

Selain itu, sangat terbuka lebar kemungkinan, pengunjung website juga akan membaca informasi berguna yang ada di blog/vlog sebelum membeli suatu produk dan jasa.  Misalnya, suatu perusahaan makanan bayi dan balita yang blog/vlog websitenya rutin menyajikan info seputar dunia anak dan pengasuhan keluarga.  Maka setelah membaca blog/vlog yang ditemukan dari hasil pencarian di Google, para pengunjung website menyadari, bahwa mereka pun dapat sekaligus membeli produk berkualitas dari perusahaan pengelola blog/vlog tersebut.

  1. Media Sosial yang Interaktif

Saat website adalah kantor pusat dan blog/vlog adalah iklan layanan masyarakat, maka media sosial merupakan biro humas suatu perusahaan.  Informasi terbaru dari suatu bisnis online dapat disebarluaskan melalui media sosial berupa Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya.

Meskipun begitu, media sosial dalam internet marketing idealnya tidak melulu bersifat satu arah (sebatas penyebar info), melainkan juga sebagai sarana komunikasi dan interaksi dua arah dengan para konsumen.  Caranya dapat berbentuk kuis dan survey berhadiah serta giveaway contest.  Penggunaan tanda pagar/tagar (hashtag) pada media sosial juga sangat efektif dan efisien dalam menjadikan suatu bisnis viral di dunia maya sebagai trending topic.

email-marketing1.png
Frekuensi email marketing yang tepat – pastinya bukan setiap hari – membuat konsumen merasa terbantu dengannya (Ilustrasi 6)
  1. Promosi Email yang Selektif

Sekalipun tak sepopuler media sosial, promosi via email juga masih sangat dapat diandalkan karena setiap warga dunia maya/netizen pasti memiliki minimal satu alamat email aktif.  Maka, peluang internet marketing melalui email jangan sampai terlewatkan begitu saja.

Kata kunci strateginya adalah frekuensi promosi email yang proporsional.  Jangan salahkan pelanggan atau konsumen jika pada akhirnya mereka memilih untuk berhenti berlangganan (unsubscribe) email.  Pelanggan email jelas lebih senang (sekaligus tenang!) saat dikirimi email promosi 1-2 kali/minggu daripada dibombardir email marketing hampir setiap hari.

  1. Mobile Apps yang Proaktif

Sebelum memutuskan untuk meluncurkan layanan aplikasi, pebisnis sebelumnya harus dapat mengidentifikasi solusi apa saja yang dapat ditawarkan dari aplikasi tersebut.  Hindari peluncuran aplikasi lebih karena ingin mengikuti tren kekinian.  Mobile apps yang sering bermasalah atau error malah berpeluang membuat para konsumen kecewa dan menurunkan rasa percaya mereka terhadap suatu produk dan jasa.  Bahaya kan kalau hal itu sampai terjadi?

hand.png
Mobile apps yang efisien dan efektif akan membuat konsumen  tak akan berpaling ke lain produsen
(Ilustrasi 7)

Internet marketing memang semakin penting.  Maka itulah, setiap pebisnis harus dapat menguasainya sehingga bisnis akan berkembang dan jaya sepanjang masa.  Salam kemajuan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s