Oleh-oleh Indonesia, Ini Kiat Jitu Memilih dan Membelinya

IMG_4626 cropped and smaller.jpg
Jalan-jalan dengan feri dari Merak ke Bakauheni pasti semakin menyenangkan ketika pulangnya nanti membawa buah tangan
(Dokpri)

Jalan-jalan memang belum lengkap tanpa membawa oleh-oleh sebagai buah tangan.  Selain pesan agar selamat sampai di tujuan, para wisatawan pasti dapat pesan, “Oleh-olehnya ya!”  Pengalaman pribadi sekaligus pengalaman banyak orang, iya kan? Hehehe…. Sebagai warga negara Indonesia, kita patut bersyukur  karena Indonesia memiliki beragam pilihan buah tangan.  Selain jenisnya banyak, oleh-oleh Indonesia juga terkenal dengan ciri khasnya.  Tentu saja yang paling terkenal adalah oleh-oleh berupa batik sebagai kain asli asal Indonesia.

kacang-koro-manna-bali-original-2-pack.jpg
Selain kue pie susu, Bali juga memiliki oleh-oleh khas lainnya yaitu kacang koro yang gurih dan renyah
(Sumber Ilustrasi : http://www.omiyago.com)

Selain sebagai buah tangan, oleh-oleh sejatinya adalah bentuk perhatian.  Pastinya sebelum membeli oleh-oleh, kita mempertimbangkan selera penerimanya nanti.  Contohnya, untuk penderita kencing manis (diabetes), tak bijak jika mereka sampai diberi oleh-oleh yang bercita rasa manis.      Prinsip kepatutan tentang oleh-oleh juga erat kaitannya dengan usia dan status sosial orang yang akan diberi oleh-oleh.  Sekalipun sangat terkesan dengan perjalanan  ke Papua, jelas kurang pantas jika oleh-oleh koteka diberikan ke orang tua atau atasan di kantor.

Screenshot-2017-9-10 HOME - Ladita Tour (2).png
Sedang mencari rekomendasi tour travel untuk liburan akhir tahun nanti? Ladita Tour bisa menjadi pilihan pertama Anda
(Sumber Ilustrasi: http://www.laditatour.com)

Wajarlah saat banyak orang yang menganggap, oleh-oleh yang paling aman dan cocok untuk semua orang adalah makanan atau minuman.  Tapi, tunggu dulu! Bagi Anda yang hendak memberi oleh-oleh ke orang asing, kain atau souvenir asli Indonesia pasti lebih membuat mereka terpana.  Sudah jadi rahasia umum, selera lidah Asia, terutama orang Indonesia, sangat menggemari cita rasa pedas yang penuh rempah-rempah.  Beda halnya dengan orang Eropa yang lebih tawar (bland) cita rasa kulinernya. Bisa jadi, karena itulah mereka kurang menyukai sambal.

Screenshot-2017-9-9 Oleh-Oleh Indonesia - Omiyago com(1).png
Oleh-oleh Indonesia yang sudah terkenal cita rasa kelezatannya hingga ke mancanegara kini bisa dibeli via online lho!
(Sumber Ilustrasi : http://www.omiyago.com)

Selain kain batik, kuliner Indonesia juga populer sebagai oleh-oleh.  Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki makanan dan minuman khas masing-masing.  Sebut saja kue bakpia pathok dari Yogya, keripik apel dari Malang, sirup markisa dari Medan, dan masih banyak lagi contohnya.  Kalau begitu, bagaimana idealnya saat kita akan membeli oleh-oleh yang tepat untuk orang lain?  Enaknya membeli oleh-oleh makanan atau kain atau souvenir ya?  Lalu, siapa saja yang harus diberi oleh-oleh?  Agar tidak bingung lagi, silakan dicermati kiat memilih dan membeli oleh-oleh berikut ini ya.

Screenshot-2017-9-10 Promo - Omiyago com.png
Beli oleh-oleh Indonesia pastinya tambah lebih membuat lega jika banyak tawaran promo dan potongan harga seperti ini, setuju?
(Sumber Ilustrasi : http://www.omiyago.com)

Sensasi Lezatnya Rasa Kuliner Khas Indonesia

Oleh-oleh Indonesia berupa makanan dan minuman bisa dibilang paling mudah ditemui di lokasi wisata.  Bentuknya bisa berupa makanan basah seperti tape fermentasi (peyeum) dari Bandung hingga lauk-pauk kering antara lain ikan teri Medan.  Dijamin semua sama lezatnya!

Kunci dalam memilih oleh-oleh berbentuk kuliner adalah “rasa dan harga”.  Sekalipun ada banyak oleh-oleh pempek dari Palembang, pasti ada satu atau dua pempek yang paling terkenal kelezatannya.  Tak apa rasanya sedikit mahal asal cita rasanya memang maknyuss lezatnya.

Cropped and brighter DSC02065.jpg
White tea ini cocok dibeli sebagai oleh-oleh bagi wisatawan yang baru saja mengunjungi lokasi agrowisata perkebunan teh, salah satunya di Gunungmas – Puncak, Bogor – Jawa Barat
(Dokpri)

Untuk oleh-oleh kuliner, prinsip “kualitas di atas kuantitas” harus selalu diingat.  Jangan sampai niat baik berbagi kenangan berkesan selama perjalanan malah jadi omongan. Misalnya, kacang koro Bali – karena tergiur dengan harga murah – ternyata sudah melempem dan baunya apek.

  1. Sesuaikan dana dengan jumlah orang yang akan diberi oleh-oleh. Keluarga inti dan bos di kantor menjadi prioritas utama daftar penerima oleh-oleh.  Atau orang-orang terdekat sekitar kita seperti tetangga di samping kanan-kiri rumah, supir, dan asisten rumah tangga.
  2. Perhitungkan waktu di jalan dengan kualitas makanan. Dengan pesawat, bolehlah kuliner basah seperti bandeng presto Semarang dan ayam Taliwang Lombok.  Tapi naik mobil/bus, kapal, dan kereta, kuliner kering seperti keripik singkong balado Padang lebih aman.
  3. Amankan oleh-oleh makanan dalam kemasan yang tahan goncangan. Ini terutama berlaku jika membawa oleh-oleh seperti halnya botol sirup Kawista dari RembangJawa Tengah (kota kelahiran Ibu Kartini) dan sirup Sengkit plus Plum dari PontianakKalimantan Barat.

Pesona Kain Indonesia Memang Memukau Dunia

Ingin memberi oleh-oleh Indonesia yang tahan lama dan membuat penerimanya tambah lebih bergaya? Oleh-oleh Indonesia berupa kain dan pakaian jelas pilihan utamanya.  Selain kain batik dan lurik dari Jawa, ada ulos dan songket dari Sumatera, serta sasirangan dari Kalimantan.

Cropped IMG_3rd Buah Tangan Kemenpar.jpg
Kaos bermotifkan peta Indonesia dari Sabang hingga Merauke ini sangat cocok diberikan kepada generasi muda sebagai oleh-oleh
(Dokpri)
  • Tips memilih dan membeli oleh-oleh kain Indonesia:
  1. Pertimbangkan gaya busana pemakainya. Untuk anak muda, kaos bercorak Indonesia atau kain yang sudah berbentuk baju lebih pas karena praktis.  Bagi orang tua, kain untuk acara formal seperti resepsi pernikahan lebih sesuai karena bisa dijahit sesuai selera pribadi.
  2. Dapatkan kain langsung dari perajinnya. Hal ini erat kaitannya dengan harga.  Jika bisa membeli langsung dari pembuat kainnya, selain harga lebih miring, kita juga bisa melihat cara dan proses pembuatan kainnya sehingga semakin menghargai hasil karya anak negeri.
  3. Perhatikan cara pemakaian dan penyucian. Ada kain yang motif ataupun bentuknya untuk wanita atau pria saja, seperti daster.  Begitu pula dengan kain yang mudah luntur atau tidak boleh dicuci dengan mesin (dikucek tangan) serta dijemur di tempat yang teduh.

Pernak-pernik Cantik dan Unik Asli Indonesia

Inilah oleh-oleh yang bisa bertahan paling lama seperti ukiran, gantungan kunci, dan boneka.  Oleh-oleh ini juga umumnya unik dan menarik sehingga langsung bisa dikenali dari Indonesia.  Wayang kulit, boneka komodo, dan miniatur becak pastinya asli milik Indonesia.

Cropped IMG_2nd Buah Tangan Kemenpar.jpg
Miniatur tokoh wayang “Gatot Kaca” ini tepat jika diberikan sebagai oleh-oleh untuk warga negara asing
(Dokpri)
  • Tips memilih dan membeli oleh-oleh souvenir Indonesia:
  1. Bandingkan harga beli satuan dengan borongan. Umumnya, semakin kecil pernak-perniknya, harga beli satuannya lebih mahal daripada harga grosirnya.  Sekalipun murah, tetap perhatikan kualitasnya sehingga tidak sampai ada barang cacat yang ikut terbeli.
  2. Utamakan fungsi dibanding seni. Kecuali kita memberi oleh-oleh kepada kolektor seni, oleh-oleh untuk orang awam akan lebih bermanfaat jika dapat sering dipakai.  Misalnya dompet anyaman tikar pandan, bantal orangutan, mangkok batok kelapa, dan lain sebagainya.
  3. Sertakan unsur promosi pariwisata Indonesia. Ini karena oleh-oleh souvenir paling awet sehingga usahakan ada kata Made in Indonesia  tertera di labelnya.  Saat dibawa keluar negeri, oleh-oleh itu secara tidak langsung menjadi duta wisata Indonesia.  Keren kan?

Bonus Tips:

Cropped and brighter IMG_1612.jpg
Lamanya menunggu antrian bagasi pesawat seringkali membuat traveler enggan membawa banyak barang bawaan setelah pergi berwisata, tak terkecuali oleh-oleh
(Dokpri)

Adakalanya saat jalan-jalan, kita hanya ingin fokus ke lokasi wisata tanpa dipusingkan urusan oleh-oleh.  Bukan apa-apa.  Urusan mencari, memilih, dan membeli oleh-oleh terkadang tak bisa dilakukan dalam waktu singkat.  Apalagi ketika kita belum tahu produk oleh-oleh yang telah terbukti berkualitas.

Screenshot-2017-9-9 How It Works - Omiyago com.png
Belanja oleh-oleh kini tak lagi harus menghabiskan waktu traveling karena bisa dipesan secara online selama perjalanan
(Sumber Ilustrasi : http://www.omiyago.com)

Maka itulah, Omiyago, layanan online oleh-oleh Indonesia siap membantu Anda.  Setelah pembayaran selesai, kurir Omiyago siap mengantarkan sampai tujuan.  Sebagai masukan, oleh-oleh dari Lombok semoga terus ditambah ya, terutama dodol rumput laut yang mirip jeli warna-warni, yummy!

Screenshot-2017-9-9 Oleh-Oleh Indonesia - Omiyago com
Wah, beruntungnya bagi traveler yang berlokasi di Jakarta karena kurir Omiyago dapat menjangkau seluruh daerah Ibukota Indonesia tersebut.  Semoga bisa segera menyusul hingga seluruh Indonesia ya 😀
(Sumber Ilustrasi: http://www.omiyago.com)

Urusan oleh-oleh sudah oke, selanjutnya tentu akomodasi.  Bagi yang ingin memilih tour travel terpercaya, terutama wisata di Jakarta, Ladita Tour telah berdiri sejak 2011.  Nah, tunggu apalagi? Segera susun agenda liburan akhir tahun 2017 dan awal tahun 2018 ini bersama orang-orang terdekat di hati Anda.  Semoga oleh-oleh Indonesia yang Anda bawa membuat bahagia penerimanya.  Salam traveling.

Artikel terkait Oleh-oleh Indonesia :

Buah Tangan, Sang Pemikat Hati Wisatawan

Screenshot-2017-9-10 HOME - Ladita Tour.png
Bagi Anda yang tertarik menjelajahi Jakarta secara perorangan maupun perusahaan, Ladita Tour bisa menjadi mitra wisata Anda yang terpercaya sejak tahun 2011
(Sumber Ilustrasi : http://www.laditatour.com)

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s