Praktisnya Memasak Lezat dengan Sharp Healsio Automatic Cookware

200917 Chart5 Sharp Healsio 5 Alasan Terbanyak Orang Senang Memasak
Gambar 1. Nasi Tumpeng beserta lauk-pauknya bisa dimasak semakin singkat namun lebih lezat dengan Sharp Healsio Automatic Cookware (Dokpri)

Dalam seminggu, berapa kali Anda sempat memasak sendiri? Eh, itu di luar dari memasak mie instan dan merebus air lho hehehe… Mayoritas kaum pekerja, termasuk saya, memasak menu lengkap itu 1-2 kali atau saat akhir pekan saja.  Hari kerja? Duh, mana sempat ya memasak?!

          Padahal, inginnya sih bisa memasak setiap hari.  Rasa dan porsi bisa disesuaikan selera pribadi.  Selain itu, kebersihan masakan dan proses memasak bisa diketahui dengan pasti saat memasak sendiri.  Ibu saya pernah berujar, “Memasak membuat kita lebih menghargai makanan.”

DSC_0015 smaller n brighter.jpg
Gambar 2. Memasak membuat kita semakin mengapresiasi setiap masakan yang ada karena memahami prosesnya (Dokpri)

Tapi, ya itulah.  Bagi penduduk kota, terbatasnya waktu memasak itu karena tingginya kesibukan di luar rumah.  Urusan kepraktisan menjadi prioritas pertama dalam menyelesaikan kegiatan sehari-hari, tak terkecuali masak-memasak.  Semakin singkat waktunya, semakin dicari.

Sayangnya, makanan praktis itu kebanyakan rasanya juga ala kadarnya.  Secara kesehatan, menu praktis itu juga kurang lengkap kandungan gizinya.  Namun, waktu rutin memasak juga (hampir) tak ada.  Nah, lalu bagaimana solusi terbaiknya?  Baca terus ya artikel ini.

Mengapa Memasak Sendiri Lebih Banyak Disukai?

          Pertanyaan itu membuat saya penasaran dengan kenyataan masih banyaknya golongan urban yang berminat untuk memasak sendiri.  Entah itu sebagai hobi, ajang sosialisasi, atau tugas keseharian di keluarga, memasak memang selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak orang.

Masih belum yakin benar? Bisa dicek di media sosial deh.  Obyek visual yang berhubungan erat dengan kuliner, makanan dan minuman, baik hasil memasak sendiri maupun santapan di tempat makan, banyak bermunculan dalam update status plus dibanjiri pemberi tanda ‘likes’.

IMG-20170212-WA0015 smaller cropped
Gambar 3.  1/2 lusin donat cantik dan menarik ini akan mendapat banyak ‘likes’ saat diunggah ke media sosial (Dokpri)

          Lalu  saya pun menyempatkan diri menanyakan ke orang-orang di sekitar tentang alasan mereka lebih menyukai untuk sering memasak sendiri daripada membeli.  Sambil menyurvei kecil-kecilan itu, saya juga membaca berbagai sumber referensi.  Inilah infografis (sederhana)nya.

190917 Chart Sharp Healsio 5 Alasan Terbanyak Orang Senang Memasak.jpg
Gambar 4. Inilah infografis yang berisi info tentang alasan terbanyak orang lebih senang memasak (Dokpri)

Ternyata, ‘lebih hemat, sehat, dan lezat’ adalah 3 (tiga) alasan terbanyak orang memasak.  Momen memasak pun lebih berkesan serta memicu ide baru.  Sebut saja, variasi resep telur mulai dari telur dadar, mata sapi/ceplok, rebus, balado, dan banyak lagi jenisnya.  Jadi lapar deh hihihi…

Mungkinkah Memasak Ala Koki Setiap Hari?

          Nah, ini dia masalah klasik selanjutnya.  Keterbatasan waktu otomatis membuat menu yang dimasak pun- mau tak mau- juga apa adanya.  Maunya sih tiap pagi bisa sarapan lengkap mirip menu di hotel bintang lima.  Apa daya, sempatnya sarapan semangkuk sereal saja hahaha…        Kalaupun sempat memasak setiap pagi, menunya juga sangat terbatas sesuai waktu yang ada.  Menggoreng atau merebus telur dan makanan olahan beku (frozen food) menjadi andalan setiap sarapan.  Seringnya sarapan juga dimakan di jalan sekalipun sempat memasak sebentar.

DSC_0031 smaller n brighter.jpg
Gambar 5. Memasak bersama juga melatih kekompakan dan kepedulian antar sesama.  Tertarik untuk mencobanya langsung? (Dokpri)

          Sedangkan idealnya, makan pagi itu harus lengkap karena energinya akan dipakai sepanjang hari.  Pernahkah Anda mendengar pepatah ini, “Breakfast like king, lunch like prince, and dinner like beggar.” Sayangnya, orang malah seringnya melewatkan sarapan.  Gawat kan tuh!

Bahkan jika sempat memasak lengkap di pagi hari, bisa dibawa sebagian untuk bekal makan siang di kantor.  Lumayan kan, menghemat pengeluaran?  Sekali lagi, angan-angan dan kenyataan di lapangan itu memang (kadang) bertentangan, seperti infografis di bawah ini #curhat

200917 Chart Sharp Healsio 5 Alasan Terbanyak Orang Senang Memasak.jpg
Gambar 6. Inginnya bisa rutin memasak sehat dan lezat setiap hari.  Tapi, waktu jualah yang membatasi, hiks! (Dokpri)

Adakah Alat Masak Otomatis yang Komplit?

          Inilah solusi yang telah lama nanti.  Selama ini, saya selalu membayangkan, nikmatnya jika ada alat memasak otomatis yang all-in-one alias bisa memasak (hampir) segala jenis masakan dan ini yang terpenting: Bisa ditinggal sementara untuk mengerjakan yang lain *multitasking

Ada yang pernah gosong saat menggoreng? Jelas menggoreng itu tak bisa ditinggal lama-lama, bahkan saat api kompornya kecil sekalipun.  Merebus sesuatu sambil terus diaduk seperti membuat bubur itu juga pastinya harus ditunggu.  Hanguslah kalau sambil ditinggal ke sana-sini!

Screenshot-2017-9-20 Detail - Sharp Cooking Club.png
Gambar 7. Healsio Automatic Cookware, Solusi Memasak Praktis dengan Cita Rasa Fantastis dari Sharp Electronics Indonesia (Sumber : Website SHARP Electronics Indonesia)

          Syukur Alhamdhulillah, kini telah hadir alat masak otomatis (Automatic Cookware) yang menjawab semua doa pemasak pemula dan golongan super sibuk.  Juli 2017 lalu, Sharp Electronics Indonesia (SEID) meluncurkan produk Healsio Automatic Cookware. Yeaaay, akhirnya!

          Lalu, apa saja ya manfaat yang bisa kita peroleh dengan menggunakan produk Healsio tersebut? Memasak otomatis (automatic cooking) tentunya menjadi fitur utama dari produk Sharp yang termasuk kategori Small Home Appliances (SHA) itu.  Berikut ini detil spesifikasi utamanya.

  1.  AUTOMATIC COOKING (Pengaduk Otomatis)

Lelah mengaduk dan membolak-balik daging sapi saat memasak rendang? Belum lagi harus bolak-balik mengatur besar kecilnya api kompor agar kuah rendang jangan sampai kering. Nah, ‘derita’ itu kini tak lagi dialami saat memasak rendang dengan Healsio seperti video berikut ini.

Healsio memiliki 7 (tujuh) tombol utama yaitu untuk memasak curry/soup, simmer, boil, steam, noodle, ferment, dan dessertAutomatic Stirring (pengaduk otomatis) mengaduk rata bahan dengan 330 pola gerakan memutar dan 68 sistem pengadukan untuk 115 menu, mantap!

200917 Chart1 Sharp Healsio 5 Alasan Terbanyak Orang Senang Memasak.jpg
Gambar 8. Capek mengaduk saat memasak? Kini serahkan saja pada Automatic Stirring pada Healsio Automatic Cookware
  1. PRESET TIMER COOKING (Pengatur waktu masak otomatis)

Fitur Preset Timer Cooking (pengatur waktu masak otomatis) ini paling cocoklah untuk ibu bekerja atau yang memasak dari pagi tapi ingin masakan tetap hangat dan lezat hingga malam hari.  Jika disimpan di kulkas setelah dimasak, cita rasa bumbu masakan cenderung berkurang.

DSC_0966.JPG
Gambar 9. Dengan Healsio Automatic Cookware, Telur bumbu balado ini tetap terasa lezat bumbunya meskipun dimasak dari pagi (Dokpri)

Mudah lho caranya.  Cukup masukkan semua bahan masakan ke dalam Healsio lalu diatur preset timer cooking sesuai waktu yang diinginkan agar masakan hangat saat disantap.  Maksimal waktunya adalah ½ hari (12 jam) dari jarak waktu pengaturan awal.  Dinner jadi lebih lezat deh!

 

200917 Chart2 Sharp Healsio 5 Alasan Terbanyak Orang Senang Memasak.jpg
Gambar 10. Bagi ibu bekerja, makan malam tetap dapat hangat sekalipun dimasak dari pagi dengan Healsio Automatic Cookware
  1. HEATING CONTROL TECHNOLOGY (Pengatur panas otomatis)

Kekhawatiran terbesar saat memasak adalah suhu masak yang terlalu panas (overheat cooking) sehingga hangus atau parahnya, sampai menimbulkan kebakaran (burnt).  Automatic Heat (panas otomatis) pada Healsio menghindarkan peluang terjadinya peristiwa ekstrim itu.

20170304_172215 smaller n brighter.jpg
Gambar 11. Ayam bumbu saus asam manis ini bisa aman dari gosong ketika dimasak dengan Healsio Automatic Cookware (Dokpri)

2 (dua) sensor panas otomatis pada Healsio yaitu Steam Sensor dan Temperature Sensor juga memastikan tidak ada kuah masakan yang meluap keluar saat mendidih.  Kedua sensor itu pun mampu mematikan jamur dan bakteri saat memasak sehingga masakan lebih higienis, siplah!

200917 Chart3 Sharp Healsio 5 Alasan Terbanyak Orang Senang Memasak.jpg
Gambar 12. Masakan hangus atau kuah meluber keluar panci akan sulit ditemui saat memask dengan Healsio Automatic Cookware
  1. STEAM CIRCULATION TECHNOLOGY (Teknologi sirkulasi uap)

 Pengaduk, waktu, dan suhu memasak otomatis pada Helsio membuat masakan tentunya lezat dan sehat.  Tapi, bagaimana dengan gizinya? Zat gizi kan rentan rusak dan berkurang karena pemanasan dan pengadukan yang berulang.  Waduh, sayang dong kalau gizinya kurang.

200917 Chart4 Sharp Healsio 5 Alasan Terbanyak Orang Senang Memasak.jpg
Gambar 13. Sari-sari masakan tidak akan menguap keluar dari Healsio Automatic Cookware sehingga zat gizinya tidak berkurang banyak, mantap kan?

Tenang! Dripping structure dan steam circulation pada Healsio membuat sari-sari makanan yang menguap karena panas pemasakan akan jatuh serta meresap kembali pada masakan sehingga zat gizinya bertahan.  Memang tepat sesuai slogan Healsio: Easy, Healthy, & Tasty.

200917 Chart6 Sharp Healsio 5 Alasan Terbanyak Orang Senang Memasak.jpg
Gambar 14. Nah, bukti bergizinya masakan yang dimasak dengan Healsio Automatic Cookware bahkan sudah diuji langsung oleh para peneliti di bidang pangan dari Jepang lho

Tunggu apalagi sekarang? Yuk, segera rasakan langsung keempat keunggulan Healsio Automatic Cookware seharga Rp. 7 juta tersebut yang dapat diperoleh melalui gerai resmi Best Denki Indonesia.  Harga yang layak untuk Healsio sebagai produk berkualitas prima dari Sharp.

Pastikan juga ya, untuk bergabung dengan sederet even menarik dari Sharp Cooking Club (IG @sharpcookingclub).  Banyak lho, resep lezat dan sehat untuk dimasak sehari-hari dengan singkat serta praktis dengan Healsio (berkapasitas 2.4 liter untuk 2 – 6 orang).  Happy cooking!

Screenshot-2017-9-20 Instagram post by Sharp Cooking Club • Sep 5, 2017 at 11 48am UTC.png
Gambar 15. Setelah memiliki Healsio Automatic Cookware, ikuti juga ya “Sharp Cooking Club” yang memiliki banyak program unik dan resep menarik (IG @sharpcookingclub)
Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s